Rektor USU Terpilih Periode 2010-2015 Prof. Dr. Syahril Pasaribu


Universitas Sumatera Utara

Prof. Dr. dr. Syahril Pasaribu, DTM&H, MSc(CTM). Sp.A(K) guru besar Fakultas Kedokteran USU terpilih sebagai Rektor USU periode 2010-2015. Prof. Syahril Pasaribu terpilih setelah berhasil mengungguli kandidat lain seperti Prof. Dr. Bismar Nasution, SH, M.Hum dari Fakultas Hukum, Prof. Subhilhar, MA, Ph.D dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Prof. drg. Ismet Danial Nasution, Ph.D dari Fakultas Kedokteran Gigi dan Prof. Ir. Nawawi Lubis, M.Phil, Ph.D dari Fakultas Teknik.

Pemilihan berlangsung di Jakarta pada sidang Majelis Wali Amanat (MWA) USU yang dipimpin oleh Joefly Joesoef Bahroeny, di ruang rapat Kementrian Pendidikan Jakarta 26 Februari 2010. Prof. Syahril Pasaribu berhasil meraih 64,9 persen suara mengungguli Prof. drg. Ismet Danial Nasution yang meraih 30,7 persen suara. Suara yang diperoleh berasal dari 19 orang anggota MWA dari keseluruhan 21 orang anggota MWA termasuk suara yang berasal dari Menteri Pendidikan Nasional sebanyak 7 suara (35%). Sementara anggota MWA yang lain masing-masing memiliki 1 suara termasuk Gubernur Sumatera Utara.

Sebelum pemilihan oleh MWA di Jakarta, telah diadakan tahap audisi di Gedung Auditorium USU sebagai wadah presentasi kandidat untuk pemaparan program kerja dan penyampaian visi dan misi kelima kandidat. Kemudian Anggota Senat Akademik yang berjumlah 101 orang memilih dua dari lima kandidat, untuk selanjutnya dipilih lagi oleh anggota MWA di Jakarta. Pada pemilihan oleh Senat Akademik Prof. Syahril Pasaribu berhasil memperoleh dukungan 51 suara, Prof. drg. Ismet Danial Nasution 23 suara, Prof. Ir. Nawawi Lubis 13 suara, Prof. Subhilhar 8 suara dan Prof. Bismar Nasution4 suara. Rencananya Rektor yang baru terpilih ini akan dilantik pada 31 Maret 2010.

Majelis Wali Amanat USU akhirnya memilih Prof Dr Syahril Pasaribu DTM H MSc (CTM) SpA (K) sebagai Rektor USU periode 2010-2015 pada sidang Majelis Wali Amanat (MWA) yang dipimpin Ketua MWA Prof Dr Joefly Bachroeny di ruang rapat Kementerian Pendidikan Jakarta, Jumat (26/2).

Syahril Pasaribu meraih 64,9 persen suara, mengungguli kandidat lainnya, Prof drg Ismet Danial Nasution SpPros(K) FICD PhD (Guru Besar sekaligus Dekan Fakultas Kedokteran Gigi/FKG-USU) yang meraih dukungan 30,7 persen suara.

Rapat MWA ini dihadiri 19 dari 20 anggota MWA USU di antaranya Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh, Gubernur Sumut H Syamsul Arifin SE dan Rektor USU Prof H Chairuddin P Lubis.
Siaran pers diterima Analisa, sidang MWA pemilihan rektor ini didahului dengan pemaparan visi dan misi dari dua calon rektor USU yang sebelumnya telah terpilih oleh Senat Akademik USU pada 24 Februari lalu yakni Prof Dr Syahril Pasaribu dan Prof drg Ismet Danial PhD SP.

Syahril Pasaribu dan Ismet Danial Nasution adalah dua kandidat yang diusulkan Senat Akademik (SA) USU kepada MWA untuk dipilih salah satunya dan ditetapkan menjadi rektor. SA USU mengusulkan keduanya dalam pemilihan yang digelar Kamis (25/2).

Dalam pemilihan yang dilakukan SA USU tersebut, Syahril Pasaribu meraih 51 suara, Ismet Danial Nasution (23 suara), M Nawawiy Loebis (13 suara), Subhilhar (8 suara), dan Bismar Nasution (4 suara). Pemilihan berlangsung lancar masing-masing anggota MWA yang memiliki hak 1 suara kecuali Mendiknas memiliki 7 suara (35 persen) memberikan suaranya secara fair dan demokratis.

Gubsu H Syamsul Arifin SE menyatakan rasa gembiranya bahwa proses pergantian kepemimpinan Rektor USU berjalan dengan damai dan lancar. “USU pantas menjadi teladan dalam pergantian rektor perguruan tinggi karena suasana demokratis dan kondusitivitas kampus tetap terpelihara,” ujar Gubsu selaku penasihat MWA.

Menurut Gubsu momentum yang baik ini harus dapat membangun semangat kebersamaan dalam meningkatkan citra USU ke depan terutama meningkatkan kualitas akademik dan dapat meningkatkan soliditas sesama keluarga besar USU.

Mendiknas Mohammad Nuh menyampaikan penghargaan kepada keluarga besar USU atas tata pengelolaan USU dan akademiknya sehingga dapat menjadi modal dalam membangun USU. “Yang sudah, sudahlah. Saya yakin USU bisa memilah kapan belajar, kerja dan berkompetisi,” ujar mantan Menkominfo ini.

Mendiknas berharap kepada keluarga besar USU agar USU ke depan dapat terus membangun academic culture atau budaya akademik yang menghormati dan mengembangkan keberagaman, agar sumber dayanya dapat dimanfaatkan secara sinergi untuk membangun Sumut, bangsa dan negara.

Hal lainnya diingatkan Menteri agar USU mampu meningkatkan prestasi akademik sehingga mampu memberi kontribusi bagi prestasi akademik secara nasional. Secara nasional produk karya ilmiah baru 6 persen, internasional Indonesia masih 0,2 persen, ujarnya, sehingga pengembangan karya ilmiah masing-masing perguruan tinggi harus terus dipacu.

Di hadapan dua kandidat rektor yang dipilih tersebut Mendiknas lebih lanjut berharap agar semua calon rektor baik yang telah terpilih maupun yang tidak terpilih agar bersama-sama membesarkan USU, kejayaan USU dan kejayaan Sumut. “Di awal ada perbedaan, ke depan kita bangun kebersamaan untuk membangun USU,” ujarnya didampingi Wakil Menteri Pendidikan Fasir Djalal.

Sumber : www.usu.ac.id dan analisadaily.com

Satu pemikiran pada “Rektor USU Terpilih Periode 2010-2015 Prof. Dr. Syahril Pasaribu

  1. Semoga dengan terpilihnya Rektor USU yang baru, Prof. dr. Syahril Pasaribu, dapat membawa perbaikan besar bagi system pendidikan USU, terutama demi kepentingan dunia pendidikan di Sumatera Utara.

    Tugas yang cukup berat telah menanti Rektor USU yang baru, mengingat pendidikan adalah kunci keberhasilan bangsa di masa depan.

    Mudah-mudahan USU dapat mengejar ketertinggalannya dengan Universitas-Universitas yang ada di Pulau Jawa, dan terus menjadi Universitas nomor 1 di Sumatera.

Berikan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s